Minggu, 19 Februari 2012

Motivasi


Motivasi merupakan suatu tenaga yang terdapat dalam diri manusia yang menimbulkan, mengarahkan, dan mengorganisasi tingkah laku. Sedangkan perilaku merupakan fungsi dari faktor personal dan faktor lingkungan dalam pengertian bahwa perilaku itu timbul karena adanya dorongan faktor internal dan kekuatan faktor eksternal. 
Perilaku terjadi karena adanya motivasi atau dorongan ( drive ) yang mengarahkan individu untuk bertindak sesuai dengan kepentingan atau tujuan yang ingin dicapai. Karena tanpa dorongan tadi tidak akan ada suatu kekuatan yang mengarahkan individu pada suatu mekanisme timbulnya perilaku. Dorongan diaktifkan oleh adanya kebutuhan ( need ), dalam arti kebutuhan membangkitkan dorongan, dan dorongan ini pada akhirnya mengaktifkan atau memunculkan mekanisme perilaku.

Motivasi sebagai penyebab dari timbulnya perilaku mempunyai 3 ( tiga ) karakteristik, yaitu :

a.      Intensitas, menyangkut lemah dan kuatnya dorongan sehingga menyebabkan individu berperilaku tertentu
b.      Pemberi arah,  mengarahkan individu dalam menghindari atau melakukan suatu perilaku tertentu
c.      Persistensi atau kecenderungan untuk mengulang perilaku secara terus menerus.

Perilaku muncul tidak semata-mata karena dorongan yang bermula dari kebutuhan individu saja, tetapi juga karena adanya faktor belajar. Faktor dorongan ini dikonsepsikan sebagai kumpulan energi yang dapat mengaktifkan tingkah laku atau sebagai motivational factor, dimana timbulnya perilaku adalah fungsi dari tiga hal yaitu : kekuatan dari dorongan yang ada pada individu, kebiasaan yang didapat dari hasil belajar, serta interaksi antara keduanya.

Konsep motivasi yang dikemukakan dalam kaitannya dengan perilaku dapat dikatakan bahwa motivasi merupakan suatu konstruk yang dimulai dari adanya need atau kebutuhan pada diri individu dalam bentuk energi aktif yang menyebabkan timbulnya dorongan dengan intensitas tertentu yang berfungsi mengaktifkan, memberi arah, dan membuat persisten ( perilaku berulang-ulang ) dari suatu perilaku untuk mengatasi atau memenuhi kebutuhan yang menjadi penyebab timbulnya dorongan itu sendiri.

Apa saja elemen-elemen Motivasi?


Pada dasarnya motivasi memiliki dua elemen, yaitu elemen dalam ( inner component ) dan elemen luar (  outer component  ).


1.      Elemen Dalam ( inner component )
Elemen ini berupa perubahan yang terjadi di dalam diri seseorang, berupa keadaan  tidak puas atau ketegangan psikologis. Hal ini bisa timbul oleh karena keinginan- keinginan untuk memperolah penghargaan, pengakuan serta berbagai macam kebutuhan lainya.
2.      Elemen Luar ( outer component )
Elemen luar dari pada motivasi adalah tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang. Tujuan itu sendiri berada di luar  diri, namun mengarahkan tingkah laku orang itu untuk mencapainya.

Bagaimana melihat individu yang memiliki kebutuhan berprestasi?


Kebutuhan berprestasi atau motivasi berprestasi tersebut munculnya sangat dipengaruhi oleh situasi yang sangat spesifik. Individu yang didorong oleh kebutuhan atau motivasi berprestasi yang tinggi akan nampak sebagai berikut :

a.      Berusaha melakukan sesuatu dengan cara- cara baru dan kreatif.
b.      Mencari feed back ( umpan balik ) tentang perbuatannya.
c.      Memilih resiko yang moderat ( sedang ) di dalam perbuatannya. Dengan memilih resiko yang sedang berarti masih ada peluang untuk berprestasi yang lebih tinggi.
d.     Mengambil tanggung jawab pribadi atas perbuatan-perbuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar