Sabtu, 06 Oktober 2012

Cara Menghilangkan Rasa Tidak Percaya Diri, Minder dan Pemalu



Memiliki kepribadian pemberani dan percaya diri dalam melakukan segala hal adalah keinginan setiap orang. Banyak cara sudah dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, namun sebagian besar usaha tersebut gagal karena keinginan itu tidak bisa menjangkau alam bawah sadar diri mereka. Ada beberapa metode untuk memasuki alam bawah sadar misalnya dengan latihan-latihan meditasi, yoga dan tai chi. Namun tidak semua orang bisa melakukannya.



Sumber segala perasaan adalah alam bawah sadar, yaitu bagian dari pikiran kita yang tidak bisa kita kendalikan secara sadar. Anda pasti pernah merasakan bagaimana sulitnya menyembunyikan perasaan takut, malu, ragu-ragu, minder, sedih, marah, sakit hati, kecewa dsb. Anda pasti pernah punya keinginan untuk menghilangkan perasaan takut dan malu yang Anda rasakan, tetapi Anda tidak bisa melenyapkan perasaan itu begitu saja. Semakin Anda menolak, semakin kuat perasaan tersebut. Memang seperti itulah cara kerja alam bawah sadar dalam membentuk perasaan manusia.

Sifat tidak percaya diri, minder dan pemalu adalah beberapa sifat negatif dari diri seseorang yang dapat dihilangkan. Berikut ini tips untuk menghilangkan sifat tersebut :

1. Apa yang menyebabkan merasa minder dan rendah diri?

Karena merasa banyak kekurangan? Karena merasa tidak mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan? Kita tidak harus selalu memandang ke atas. Kita juga tidak perlu menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri dan itu sudah cukup menyenangkan. Mengenali potensi diri dan mengembangkannya adalah cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jadi tidak perlu yang namanya malu atau minder.

2. Siapa saja orang yang membuat malu dan minder?

Orang-orang yang baru Anda kenal? Orang-orang yang menurut Anda punya derajat lebih tinggi dari Anda?
Oke, mulailah dengan mengubah cara berfikir Anda. Setiap manusia adalah sama. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bahkan untuk orang-orang yang Anda anggap sempurna. Mereka sama seperti Anda, seperti saya, maka tidak ada alasan untuk merasa minder.

3. Berhentilah memikirkan kekurangan-kekurangan
 
Terimalah diri Anda apa adanya. Jadikan kekurangan Anda sebagai kelebihan. Tukul Arwana, adalah contoh yang tepat dalam hal ini. Lihat, bagaimana dia memaksimalkan kekurangannnya menjadi kelebihan yang justru tidak dimiliki orang lain. Selalu menutupi kekurangan hanya akan membuat Anda semakin terpuruk dalam sikap minder dan rendah diri.

4. Memperluas pergaulan

Bergaullah dengan orang orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Pelajari cara-cara mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Cara mereka berkenalan dengan orang baru, cara mereka memperlakukan orang lain, cara menyikapi sebuah masalah, cara mengatasi situasi, dan lain-lain. Banyak hal yang bisa kamu pelajari dan praktekkan sendiri.

5. Mulailah belajar bertanya kepada orang baru

Belajar bertanya? Yups, bagi orang yang bukan pemalu bertanya kepada orang baru bukan sebuah masalah besar. Tapi, keadaan berbeda dengan orang pemalu. Rata-rata dari mereka jarang sekali memulai pembicaraan atau sebuah pertanyaan. Hal ini hanya bisa dimengerti oleh orang yang sama-sama pendiam.

6. Perhatikan penampilan

Mulailah memperhatikan penampilan Anda terutama saat keluar dari rumah. Penampilan yang baik dan maksimal dapat membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri. Anda tidak akan merasa minder dan malu saat bertemu dengan orang lain karena Anda sudah tampil All out. Menampilkan yang terbaik.
 
7. Selalu bersikap tenang

Kesalahan utama orang orang pemalu adalah kurangnya self control (pengendalian diri). Terutama jika berada dalam situasi yang menekan dan asing. Grogi, cemas, salah tingkah, berkeringat adalah beberapa indikasi seseorang sedang berada dalam tekanan. Sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan beberapa tips ringan. Mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan akan membuat kita merasa sedikit lebih rileks dan tenang.

Singkirkan imajinasi negatif Anda mengenai apa yang sedang Anda hadapi. Hilangkan pemikiran bahwa orang-orang sedang memperhatikan Anda dan berfikir negatif tentang Anda. Faktanya, semua berjalan biasa-biasa saja tidak seperti apa yang Anda pikirkan. Semua hal negatif itu hanya ada dalam imajinasi Anda saja.

8. Coba sesuatu yang baru
  
Sering mencoba hal-hal baru akan lebih membuka wawasan serta pandangan Anda tentang hidup dan kehidupan. yang pada akhirnya akan memberi kita sebuah pemahaman bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Semua manusia adalah sama. Kita punya kekurangan mereka juga. Mereka punya kelebihan kita pun memilikinya. Mereka bisa, maka kita juga bisa..!. "Keterbatasan hanyalah sebuah kesalahan dalam cara kita berfikir."

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam jangka panjang, namun terkadang kita juga memerlukan langkah-langkah meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat. Di saat menit-menit terakhir harus berbicara di depan orang banyak, rasanya tak mungkin Anda membaca buku panduan mengenai kepercayaan diri, atau menelepon mentor Anda.

Ada beberapa tips yang dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dengan cepat dalam hitungan detik :
1. Tersenyum
Tersenyum merupakan tips 1 detik jika Anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Tidak hanya tersenyum jika Anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya Anda bisa tersenyum untuk membuat diri Anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin Anda merasa tidak enak ketika tersenyum.
Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah Anda. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat Anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah, membuat merasa nyaman dengan diri sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri.
2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda
Sama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman Anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa Anda percaya diri. Menatap sepatu Anda atau meja mendorong perasaan menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai Anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi Anda.

“Kontak mata membantu untuk menghilangkan rasa takut jika Anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan Anda dengan lawan bicara. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara Anda.” (Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)

3. Ubahlah Suara Dalam Diri Anda
Kebanyakan dari kita memiliki suara dalam diri yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan merubah suara di dalam diri merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari dalam. Buat suara dalam diri Anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal Anda dan mengetahui bakat Anda, serta menginginkan Anda untuk mencapai yang terbaik.
4. Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain
Terlepas dari situasi yang membuat Anda mengalami krisis percaya diri, Anda bisa membantu diri sendiri dengan berpegang pada standar yang Anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan Anda, dan sekeras apa pun Anda mencoba, tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan khawatir  jika orang-orang menyebut Anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; anda tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar Anda menerimanya.

5. Tampillah Serapih Mungkin
Meskipun hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan Anda tampil rapih. Sisirlah rambut, cucilah muka, perbaiki riasan wajah, luruskan kerah, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan dan rasa takut terhadap penampilan Anda.
”Sempurnakan penampilan fisik; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik menentukan impresi orang terhadap diri Anda.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)
6. Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak
Jika Anda percaya pada Yang Maha Kuasa, mengucapkan doa bisa meningkatkan rasa percaya diri (Anda juga bisa melakukan meditasi selain berdoa). Langkah ini membantu untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa.
7. Reka Ulang
Jika sesuatu terjadi diluar dugaan, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa percaya diri Anda. Mungkin menumpahkan minuman, terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang ingin Anda ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.
8. Tentukan Langkah Anda Selanjutnya
Jika tidak yakin dengan apa yang harus Anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu Anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan orang yang mewawancarai Anda untuk menunjukkan pengetahuan Anda terhadap industri dan perusahaan mereka.
Mulailah bertindak meskipun tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya Anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran. Koreksi diri Anda di lain kesempatan.
9. Bicaralah Perlahan
Sebuah tips sederhana agar Anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika bicara terlalu cepat, Anda akan merasa tidak enak karena Anda sadar berbicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi Anda kesempatan untuk memikirkan apa yang Anda akan katakan selanjutnya. Jika Anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.
Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.
10. Ikut Ambil Bagian
Pernahkah Anda duduk seharian di dalam kelas atau di sebuah rapat tanpa mengucapkan satu patah kata pun? Pernahkah Anda pergi bersama teman-teman di malam hari dimana teman-teman berbincang dengan gembira sementara Anda hanya duduk dan menatap minuman Anda? Kemungkinan yang terjadi adalah Anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu – dan mungkin saja akan merasa lebih tidak enak sesudah malam tersebut. Apapun situasi Anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian. Meskipun merasa tidak banyak yang bisa Anda katakan, pikiran dan perspektif Anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar.
Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, Anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan Anda.

8 komentar:

  1. la mslhnya yg no 2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda,kadang mau mnatap aja malu,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menatap mata kan tdk hrs terus menerus....ntar malah dikira menantang...:). Arahkan pandangan mata Anda ke lawan bicara atau audience, sekali2 layangkan ke arah lain, tp jangan kebanyakan menunduk. Coba deh...klo dah terbiasa nanti rasa malu akan menghilang juga.

      Hapus
    2. iya,tp kdang kalau dh di dpan mau bicara,mendadak materi apa aja yg tadinya dh masuk d kepala mendadak hilang(blank)+suara jg ikut fales,,,
      haduh,,

      Hapus
    3. Salam,

      Kalau jaraknya jauh atau gak terlalu dekat sekitar 60 cm an, lihat aja ujung hidungnya atau dagunya. Kedua ini insyaAllah efektif mengatasi permasalahan Menatap Lawan Bicara, bisa juga dengan melihat pertengahan antara kedua mata -|-. Semoga membantu

      Hapus
  2. thx buat tip2nya, www.womenmagnet.com

    BalasHapus
  3. teorinya bisa saya fahami,, tapi penerapannya maasya Allah ,, susah sekali

    BalasHapus
  4. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis, Ilmu Komputer

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

    BalasHapus