Senin, 15 Oktober 2012

Mama Bangga sama Kamu....



Belai lembut seorang ibu tak hanya menghadirkan kedamaian dan kenyamanan sang buah hati. Cinta yang hadir dari sentuhan kasih dapat mendorong tumbuh kembang anak lebih optimal. Ciuman dan sentuhan lembut yang mendarat pada diri si kecil merupakan perwujudan cinta  yang akan berkontribusi terhadap kematangan otak dan mental anak.
Beberapa penelitian mengungkapkan, oksitosin atau hormon cinta bisa dilepaskan dapat dilepaskan dengan beberapa cara, diantaranya dengan menyusui dan memeluk sang buah hati. Hormon ini mendorong seseorang untuk menanamkan rasa cinta kepada orang lain, termasuk cinta kepada orangtua. Selain itu, hormon ini dapat memperkuat memori terhadap hal-hal positif.

Tidak terlalu sulit  mengajarkan nilai-nilai cinta kepada si kecil. Oleh karena itu, jangan sungkan dan ragu mengungkapkan cinta dan sayang pada buah hati Anda agar tumbuh kembang dan kecerdasannya tumbuh optimal, terlebih saat anak sudah mulai bisa berbicara.

Peluklah buah hati Anda sebelum pergi ke kantor atau bepergian ke suatu tempat. Pelukan hangat yang Anda berikan tersebut sudah barang tentu dapat memberikan ketenteraman dan kasih sayang yang membuat dirinya lebih percaya diri. Oleh karena itu, jangan heran jika sebelum berangkat bepergian atau sepulang kantor si kecil seolah  menagih ciuman atau pelukan hangat Anda.

Namun sebaliknya Anda hindari memberikan ciuman bila si kecil melakukan kesalahan atau tindakan yang merugikan orang lain, kecuali jika ia telah menyesali kesalahannya. Dengan perlakuan tersebut, anak akan semakin mengerti tindakan buruk yang perlu dihindari.

Selain memeluk dan mencium dengan tulus, membelai merupakan perwujudan rasa cinta dan sayang yang meningkatkan rasa aman dan empati sang buah hati. Jangan ragu untuk membelai kepalanya dengan lembut. Saat dirinya tengah takut, sedih atau kesal, belaian kasih akan membuatnya tegar dan tenang.

Kecerdasan anak juga dapat dipicu dengan aksi sederhana lainnya, seperti menggandengnya saat menyusuri jalan. Dengan menggandengnya, dirinya akan merasa tenang dan nyaman bepergian keluar rumah. Selain itu, otaknya akan mengerti dan mengingat betapa pentingnya seseorang berada disisinya bisa sedang berjalan.

Jangan sungkan berkata, "Mama sayang kamu" atau "Mama bangga sama kamu". Kalimat tersebut begitu singkat dan sederhana, tetapi memberikan makna yang luar biasa bagi putra dan putri Anda. Ia akan semakin mengerti  nilai kasih sayang yang ditanamkan pada dirinya. Seiring berjalannya waktu, dirinya akan mengungkapkan rasa sayangnya pada orang yang ia sayangi. Pujian yang tulus dapat memompa semangat dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.

Saat Anda melontarkan pujian dan semangat, mental si kecil bertambah kuat dan bersemangat. Kecerdasannya pun semakin berkembang. Cium, belai dan berikan pujian kepada buah hati Anda agar nilai-nilai cinta mengiringi kecerdasannya.


Sumber : harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar