Kamis, 25 Oktober 2012

Keluar Dari kemandekan



Saat bergelut di dunia kerja, perasaan mandek atau seolah berjalan di tempat kerap muncul dalam benak sebagian besar orang. Rutinitas yang dijalani, beban pekerjaan, jenjang karier atau masalah-masalah pribadi boleh jadi merupakan beberapa hal yang memicu masalah tersebut di atas.

Keluar dari masalah ini memang bukan perkara yang mudah. Namun, beberapa langkah berikut ini mungkin patut dicoba untuk terlepas dari perasaan mandek yang menghantui.


Memahami masalah yang sebenarnya menjadi langkah awal yang dapat dilakukan, jangan terjebak dalam persepsi sendiri karena justru membuat Anda makin larut dalam masalah. Kalau sudah berhasil melihat apa yang sebenarnya terjadi, tentu Anda bisa menentukan langkah selanjutnya dengan lebih jernih dan tepat bagi diri sendiri.

Selain itu, cobalah memilah setiap masalah yang datang menjadi bagian yang kecil agar Anda sendiri bisa dengan mudah menyelesaikan satu per satu. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah untuk fokus pada satu hal dan membantu Anda untuk menentukan langkah berikutnya.

Mengganti lingkungan fisik di kantor atau di rumah dapat dilakukan agar suasana hati bisa ikut berubah. Demikian juga untuk bergabung dengan kesibukan atau aktivitas di dalam ataupun di luar kantor. Hal ini karena membangun hubungan sosial dapat membantu Anda mengenali lingkungan atau bahkan membantu Anda keluar dari masalah.

Berikutnya, jangan lupa untuk memberi penghargaan pada diri Anda atas segala hal yang telah diraih. Jangan memacu diri terus-menerus saat menghadapi masalah-masalah yang datang. Tidak ada salahnya membicarakan semua masalah pada orang yang sangat Anda percaya.

Sumber : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar