Kamis, 11 Oktober 2012

Berkantor di Rumah


Perkembangan jaman yang semakin pesat serta kesibukan yang terus meningkat, menuntut setiap orang untuk lebih pandai memanfaatkan setiap detik waktu yang dimilikinya. Kemacetan lalu lintas dan tenggat waktu senantiasa menghantui masyarakat perkotaan. Lima bahkan enam hari bekerja di kantor dirasa kurang untuk menyelesaikan segala pekerjaan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang atau pebisnis yang menuntaskan pekerjaannya di rumah ketika orang libur bekerja.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar hunian yang hendak dijadikan kantor dapat berfungsi layaknya kantor yang nyaman. Menciptakan ruang kerja yang nyaman tidak perlu mahal, cukup sediakan kursi dan meja yang diletakkan di ruangan yang tenang. Salah satu sisi dinding ruangan yang ada dapat difungsikan sebagai area untuk menempelkan catatan penting.


Agar waktu yang digunakan dapat maksimal, rencanakan kapan Anda mulai dan selesai menuntaskan pekerjaan di rumah. Jangan abaikan waktu istirahat. Istirahat sejenak akan menghadirkan inspirasi yang cemerlang. Bekerja di rumah memiliki fleksibiltas yang tinggi dalam hal jam kerja, tetapi bukan berarti dapat terlalu santai. Buatlah rencana harian dan target waktu yang dibutuhkan agar waktu tidak terbuang percuma.

Perangkat pendukung seperti komputer dan jaringan internet amat dibutuhkan. Sebagai salah satu sumber informasi, internet bermanfaat dalam bertukar informasi. Agar dapat meningkatkan kenyamanan bekerja di rumah, letakkanlah segala perlengkapan alat tulis di meja atau tempat yang tidak terlalu jauh. Jangan lupa untuk menghadirkan cahaya dan sirkulasi udara yang mumpuni pada ruang kerja Anda. Hiasan dinding maupun hiasan meja dapat mempengaruhi konsentrasi dan inspirasi. Hadirkan hiasan yang indah dan rapi agar tercipta inspirasi yang maksimal. Begitu pula dengan kebersihan. Jagalah ruangan kerja Anda tetap bersih agar tidak mudah terserang penyakit.

Sumber : harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar