Jumat, 26 Oktober 2012

Sukses Presentasi



Berbicara atau melakukan presentasi di depan publik, baik itu menyangkut masalah bisnis ataupun hal lainnya, merupakan beban yang sangat berat bagi sebagian orang. Berbicara dan tampil di depan khalayak tentunya tidak sama dengan berbicara dengan rekan sekerja. Beberapa hal patut diperhatikan agar audiensi dapat menghargai dan menyimak apa yang hendak Anda sampaikan.

Lakukan latihan berbicara di depan publik sesering mungkin. Selain Anda semakin lancar berbicara mengenai materi yang hendak disajikan, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri serta dapat membantu penguasaan situasi. Anda pun harus melatih diafragma. Seorang yang memiliki intonasi bicara yang baik akan menghadirkan kenikmatan bagi yang mendengarnya.

Hal lainnya adalah penguasaan materi. Sesuatu yang hendak disampaikan di depan umum hendaknya  dikuasai lebih dalam dan merupakan materi menarik yang up to date. Misal, Anda akan melakukan presentasi tentang dunia teknologi, hendaknya mencari informasi sebanyak mungkin tentang kemajuan teknologi dan isu-isu terhangat saat ini. Apabila Anda dapat mencoba  dan merasakan langsung alat dengan kehebatan teknologi yang hendak diperbincangkan. Dengan demikian, orang yang mendengarnya akan bertambah yakin dengan apa yang Anda sampaikan.

Bersikap terbuka dan luwes dalam menyampaikan materi membuat suasana cair dari ketegangan dan dekat dengan audiensi, sehingga materi yang Anda sampaikan dapat didengar dan diterima.

Bila berbicara teknologi, ada baiknya mengatakan bahwa Anda belum pernah menggunakan Tablet PC apabila memang benar-benar belum pernah mencobanya. Dengan demikian, orang yang mendengarnya akan merasa tidak dibohongi.

Tidak ada salahnya Anda mencairkan suasana dengan kalimat-kalimat segar agar suasana tidak monoton dan tegang. Selain itu, Anda harus dapat menempatkan diri pada posisi audiensi. Gunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan sesuai peruntukannya. Gaya bahasa atau kalimat yang Anda sampaikan ke audiensi yang seusia tentunya berbeda dengan orang yang berada diatas usia Anda. Gunakan bahasa lebih santun kepada usia di atas Anda agar mereka merasa dihargai.

Sumber : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar