Sabtu, 06 Oktober 2012

Cara Menghilangkan Rasa Tidak Percaya Diri, Minder dan Pemalu



Memiliki kepribadian pemberani dan percaya diri dalam melakukan segala hal adalah keinginan setiap orang. Banyak cara sudah dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, namun sebagian besar usaha tersebut gagal karena keinginan itu tidak bisa menjangkau alam bawah sadar diri mereka. Ada beberapa metode untuk memasuki alam bawah sadar misalnya dengan latihan-latihan meditasi, yoga dan tai chi. Namun tidak semua orang bisa melakukannya.



Sumber segala perasaan adalah alam bawah sadar, yaitu bagian dari pikiran kita yang tidak bisa kita kendalikan secara sadar. Anda pasti pernah merasakan bagaimana sulitnya menyembunyikan perasaan takut, malu, ragu-ragu, minder, sedih, marah, sakit hati, kecewa dsb. Anda pasti pernah punya keinginan untuk menghilangkan perasaan takut dan malu yang Anda rasakan, tetapi Anda tidak bisa melenyapkan perasaan itu begitu saja. Semakin Anda menolak, semakin kuat perasaan tersebut. Memang seperti itulah cara kerja alam bawah sadar dalam membentuk perasaan manusia.

Sifat tidak percaya diri, minder dan pemalu adalah beberapa sifat negatif dari diri seseorang yang dapat dihilangkan. Berikut ini tips untuk menghilangkan sifat tersebut :

1. Apa yang menyebabkan merasa minder dan rendah diri?

Karena merasa banyak kekurangan? Karena merasa tidak mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan? Kita tidak harus selalu memandang ke atas. Kita juga tidak perlu menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri dan itu sudah cukup menyenangkan. Mengenali potensi diri dan mengembangkannya adalah cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jadi tidak perlu yang namanya malu atau minder.

2. Siapa saja orang yang membuat malu dan minder?

Orang-orang yang baru Anda kenal? Orang-orang yang menurut Anda punya derajat lebih tinggi dari Anda?
Oke, mulailah dengan mengubah cara berfikir Anda. Setiap manusia adalah sama. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bahkan untuk orang-orang yang Anda anggap sempurna. Mereka sama seperti Anda, seperti saya, maka tidak ada alasan untuk merasa minder.

3. Berhentilah memikirkan kekurangan-kekurangan
 
Terimalah diri Anda apa adanya. Jadikan kekurangan Anda sebagai kelebihan. Tukul Arwana, adalah contoh yang tepat dalam hal ini. Lihat, bagaimana dia memaksimalkan kekurangannnya menjadi kelebihan yang justru tidak dimiliki orang lain. Selalu menutupi kekurangan hanya akan membuat Anda semakin terpuruk dalam sikap minder dan rendah diri.

4. Memperluas pergaulan

Bergaullah dengan orang orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Pelajari cara-cara mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Cara mereka berkenalan dengan orang baru, cara mereka memperlakukan orang lain, cara menyikapi sebuah masalah, cara mengatasi situasi, dan lain-lain. Banyak hal yang bisa kamu pelajari dan praktekkan sendiri.

5. Mulailah belajar bertanya kepada orang baru

Belajar bertanya? Yups, bagi orang yang bukan pemalu bertanya kepada orang baru bukan sebuah masalah besar. Tapi, keadaan berbeda dengan orang pemalu. Rata-rata dari mereka jarang sekali memulai pembicaraan atau sebuah pertanyaan. Hal ini hanya bisa dimengerti oleh orang yang sama-sama pendiam.

6. Perhatikan penampilan

Mulailah memperhatikan penampilan Anda terutama saat keluar dari rumah. Penampilan yang baik dan maksimal dapat membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri. Anda tidak akan merasa minder dan malu saat bertemu dengan orang lain karena Anda sudah tampil All out. Menampilkan yang terbaik.
 
7. Selalu bersikap tenang

Kesalahan utama orang orang pemalu adalah kurangnya self control (pengendalian diri). Terutama jika berada dalam situasi yang menekan dan asing. Grogi, cemas, salah tingkah, berkeringat adalah beberapa indikasi seseorang sedang berada dalam tekanan. Sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan beberapa tips ringan. Mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan akan membuat kita merasa sedikit lebih rileks dan tenang.

Singkirkan imajinasi negatif Anda mengenai apa yang sedang Anda hadapi. Hilangkan pemikiran bahwa orang-orang sedang memperhatikan Anda dan berfikir negatif tentang Anda. Faktanya, semua berjalan biasa-biasa saja tidak seperti apa yang Anda pikirkan. Semua hal negatif itu hanya ada dalam imajinasi Anda saja.

8. Coba sesuatu yang baru
  
Sering mencoba hal-hal baru akan lebih membuka wawasan serta pandangan Anda tentang hidup dan kehidupan. yang pada akhirnya akan memberi kita sebuah pemahaman bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Semua manusia adalah sama. Kita punya kekurangan mereka juga. Mereka punya kelebihan kita pun memilikinya. Mereka bisa, maka kita juga bisa..!. "Keterbatasan hanyalah sebuah kesalahan dalam cara kita berfikir."

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam jangka panjang, namun terkadang kita juga memerlukan langkah-langkah meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat. Di saat menit-menit terakhir harus berbicara di depan orang banyak, rasanya tak mungkin Anda membaca buku panduan mengenai kepercayaan diri, atau menelepon mentor Anda.

Ada beberapa tips yang dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dengan cepat dalam hitungan detik :
1. Tersenyum
Tersenyum merupakan tips 1 detik jika Anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Tidak hanya tersenyum jika Anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya Anda bisa tersenyum untuk membuat diri Anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin Anda merasa tidak enak ketika tersenyum.
Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah Anda. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat Anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah, membuat merasa nyaman dengan diri sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri.
2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda
Sama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman Anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa Anda percaya diri. Menatap sepatu Anda atau meja mendorong perasaan menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai Anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi Anda.

“Kontak mata membantu untuk menghilangkan rasa takut jika Anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan Anda dengan lawan bicara. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara Anda.” (Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)

3. Ubahlah Suara Dalam Diri Anda
Kebanyakan dari kita memiliki suara dalam diri yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan merubah suara di dalam diri merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari dalam. Buat suara dalam diri Anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal Anda dan mengetahui bakat Anda, serta menginginkan Anda untuk mencapai yang terbaik.
4. Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain
Terlepas dari situasi yang membuat Anda mengalami krisis percaya diri, Anda bisa membantu diri sendiri dengan berpegang pada standar yang Anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan Anda, dan sekeras apa pun Anda mencoba, tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan khawatir  jika orang-orang menyebut Anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; anda tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar Anda menerimanya.

5. Tampillah Serapih Mungkin
Meskipun hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan Anda tampil rapih. Sisirlah rambut, cucilah muka, perbaiki riasan wajah, luruskan kerah, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan dan rasa takut terhadap penampilan Anda.
”Sempurnakan penampilan fisik; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik menentukan impresi orang terhadap diri Anda.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)
6. Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak
Jika Anda percaya pada Yang Maha Kuasa, mengucapkan doa bisa meningkatkan rasa percaya diri (Anda juga bisa melakukan meditasi selain berdoa). Langkah ini membantu untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa.
7. Reka Ulang
Jika sesuatu terjadi diluar dugaan, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa percaya diri Anda. Mungkin menumpahkan minuman, terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang ingin Anda ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.
8. Tentukan Langkah Anda Selanjutnya
Jika tidak yakin dengan apa yang harus Anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu Anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan orang yang mewawancarai Anda untuk menunjukkan pengetahuan Anda terhadap industri dan perusahaan mereka.
Mulailah bertindak meskipun tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya Anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran. Koreksi diri Anda di lain kesempatan.
9. Bicaralah Perlahan
Sebuah tips sederhana agar Anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika bicara terlalu cepat, Anda akan merasa tidak enak karena Anda sadar berbicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi Anda kesempatan untuk memikirkan apa yang Anda akan katakan selanjutnya. Jika Anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.
Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.
10. Ikut Ambil Bagian
Pernahkah Anda duduk seharian di dalam kelas atau di sebuah rapat tanpa mengucapkan satu patah kata pun? Pernahkah Anda pergi bersama teman-teman di malam hari dimana teman-teman berbincang dengan gembira sementara Anda hanya duduk dan menatap minuman Anda? Kemungkinan yang terjadi adalah Anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu – dan mungkin saja akan merasa lebih tidak enak sesudah malam tersebut. Apapun situasi Anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian. Meskipun merasa tidak banyak yang bisa Anda katakan, pikiran dan perspektif Anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar.
Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, Anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan Anda.

87 komentar:

  1. la mslhnya yg no 2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda,kadang mau mnatap aja malu,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menatap mata kan tdk hrs terus menerus....ntar malah dikira menantang...:). Arahkan pandangan mata Anda ke lawan bicara atau audience, sekali2 layangkan ke arah lain, tp jangan kebanyakan menunduk. Coba deh...klo dah terbiasa nanti rasa malu akan menghilang juga.

      Hapus
    2. iya,tp kdang kalau dh di dpan mau bicara,mendadak materi apa aja yg tadinya dh masuk d kepala mendadak hilang(blank)+suara jg ikut fales,,,
      haduh,,

      Hapus
    3. Salam,

      Kalau jaraknya jauh atau gak terlalu dekat sekitar 60 cm an, lihat aja ujung hidungnya atau dagunya. Kedua ini insyaAllah efektif mengatasi permasalahan Menatap Lawan Bicara, bisa juga dengan melihat pertengahan antara kedua mata -|-. Semoga membantu

      Hapus
    4. nanti kebanyakan liat-liat jatuh cinta pulak hahahaha

      Hapus
  2. thx buat tip2nya, www.womenmagnet.com

    BalasHapus
  3. teorinya bisa saya fahami,, tapi penerapannya maasya Allah ,, susah sekali

    BalasHapus
  4. Hilangin sifat pemalu dan pendiam terlalu susah tuk dihilangkan, apalagi klo sifat ini sudah dari kecil. Tatap mata lawan bicara, jalan2 trus merasa ada yang perhatiin jadi salah tingkah, trus biasa mau ngajak orang bicara tapi nga tau mau ngomong apa dan biasa dianggap membosankan. Apa lagi klo orang pendiam atau pemalu sering dianggap sombong sama orang2 yang belum terlalu kenal :( ..
    Cara ngatasin ini gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku kalau perempuan pendiam itu lebih baik sebab kemungkinan besar dia tidak nakal tapi kekurangannya dia akan kurang wawasan dan teman. Saranku ada baiknya cari teman yang mau membimbing supaya rasa malu dan minder berkurang.

      Hapus
    2. Sifat pemalu krn kurangnya kepercayaan diri. Coba gali potensi diri yg bisa menumbuhkan rasa percaya diri.
      Sifat pendiam itu lebih pada kemampuan Ybs dalam menanggapi lingkungannya. Belum tentu orang pendiam itu jd kurang luas wawasannya, krn mereka juga punya kemampuan utk menambah wawasan dg cara membaca buku.
      Coba aktif di kegiatan2 yg belibatkan banyak orang, meski awalnya hanya jd follower, nanti lama kelamaan Tiny akan berani utk unjuk gigi.

      Hapus
  5. Hilangkan sifat pendiam tak mudah.. Seringkali bertekad untuk berani bicara di dalam suatu kelompok, tapi rasanya entah kenapa sulit sekali membuka mulut ini.. Rasa takut omongan diabaikan orang, takut salah bicara, takut nantinya malah dianggap orang "gak nyambung" oleh orang lain.. Bisa2 malah jd tambah tidak percaya diri krn merasa gagal melakukan tekad utk mukai bicara tsb. Sedih banget rasanya pas merasa sendirian & kesepian, padahal ada di tengah2 orang bnyk.. Butuh pertolongan & petunjuk.. Sungguh.. (SYW)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sifat pendiam itu bukan berarti ga bisa ngomong pada acara yg melibatkan kelompok. Klo SYW takut salah ngomong, itu artinya sdh ada rasa kurang percaya diri. Utk menumbuhkan rasa percaya diri, spt yg sdh saya sarankan ke yg lain, coba gali potensi diri dan kembangkan. Klo lg diskusi kelompok, usahakan kuasai materinya dan tulis di kertas apa yg akan diungkapkan, shg pd saat mengungkapkan tdk terbata2. Klo blom berani ngomong, coba bisik2 dg teman sebelah, ungkapkan pendapatmu, klo teman sebelah sependapat, minta dia yg bicara. Klo forum ga setuju, buat dirimu tdk akan begitu telak "melukai" perasaanmu. Tp klo forum setuju, bisa menumbuhkan rasa percaya dirimu, meski bukan dirimu yg menyampaikan ke forum.
      Lama kelamaan SYW akan berani ngomong di forum.

      Hapus
  6. saya ingin ingin menghilangkan sifat pendiam,pemalu , dan sulit bergaul , tapi kenapa susah sekali,,,,
    saya sungguh pertolongan dan bantuan anda semua ,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghilangkan sifat pendiam, itu sdh bawaan, ga bs dihilangkan tp bs "diakali" dg memperbanyak kegiatan yg melibatkan org banyak. Mengambil peran dalam setiap kegiatan, mau ga mau Roy akan "terpaksa" banyak ngomong.
      Pemalu dan sulit bergaul, ini lebih berhubungan dg rasa kurang percaya diri. Spt saran saya ke teman2 yg lain, coba lakukan saran saya tsb.

      Hapus
  7. Dulu saya orang nya penakut, pemalu, kaku, pendiam, minderan, dan tidak percaya diri.

    Dan saat itu saya mau bicara sama orang lain pun takut masih mikir-mikir dulu. Apa yang akan saya bicarakan ? bahkan saat saya mau menuju kesuksesan saya minder dan tidak percaya diri karena saya takut apa yg dibicarakan oleh orang lain dan saya merasa bahwa saya kalah saing.

    Kemudian saya mencoba mencari solusi di internet dan saya menemukan posting anda kemudian saya membacanya, keesokan harinya saya mencoba mempraktikanya mulai dari :

    1. Berpenampilan rapi
    2. Banyak bertanya pada orang lain
    3. Tersenyum pada orang lain
    4. Tatap mata lawan saat bicara
    5. Bersikap tenang

    Waktu pertama kali saya ingin melakukanya itu rasanya sulit sekali, tapi lama kelamaan tidaklah sesulit yang dikira

    Terima kasih banyak buat anda yang telah membantu saya,...

    Sekarang saya sudah punya semangat hidup, saya juga sudah percaya diri, dapat bergaul, dan sekarang saya bisa berbicara dengan percaya diri.

    Sekarang saya sedang menuju kesuksesan untuk menggapai cita-cita saya yang dari dulu saya impikan..

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah...saya ikut senang Jajang, apa yg saya posting bisa membantu.
    Sukses buat Jajang, semoga impianmu segera terwujud.

    BalasHapus
  9. aminnnn :) mau tanya di blog ini posting nya update terus gak ya ? karena saya suka membaca posting anda, karena mudah dipahami dan juga rapi dalam membuat posting..

    BalasHapus
  10. Sudah lama saya tidak update, insya allah dalam waktu dekat mulai aktif update lagi

    BalasHapus
  11. kalau udah nyoba utk pede,trus bertemu org banyak,tapi nggak tau apa yg mau diomongin gimana tuh?

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. ternyata untuk mengatasi minder cukup simple
    tapi buaty kita yang merasa bodoh baca artikle ini aja
    http://jhonnytips.blogspot.com/2015/06/jika-anda-merasa-bodoh-wajib-baca-ini.html

    BalasHapus
  14. Bagaimana sih menghilangkan rasa pendiam, pemalu, dan tidak percaya diri untuk berbicara?, oleh karena jika ada seorang lawan jenis yang kita sukai atau yang kita taksir hadir dalam pertemuan didalam suatu perkumpulan atau organisasi yang sama. Itu sangat memalukan sekali.
    Minta solusinya dong?...

    BalasHapus
  15. Kalau saya dari kecil emang udah pemalu,susah buat bergaul,, soalnya lebih seneng didalam rumah aja.. Jadi pas kluar rumah ketemu sama orang diluar ..malu banget . Jadinya udahterbiasa.didlam rumah
    Terus saya haris gimana :-(

    BalasHapus
  16. Saya minder kalau ada orang yg bisik bisik tentang saya di belakang, entah itu orang udh saya kenal atau belum dan entah apa yg mereka katakan. Walaupun hanya dengan gerak-gerik tubuh yg mungkin ditujukan ke saya, seketika saya langsubg malu, down, minder, dan percaya diriku hilang saat itu juga. Saya mencoba untuk tidak menghiraukannya, tapi tetap saja dalam hati saya masih tidak tenang. Solusinya bagaimanaa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga merasakan apa yang kamu rasakan
      Yang harus kamu lakukan
      Adalah melawan
      Dalam arti kamu tidak seperti apa yang dia rasakan tunjukan kalo km bisa km tidak sombong kamu tidak lemah gunakan emosi kamu dan buat suara dalam hatimu "saya tidak seperti itu berulang ulang di dalam hati

      Hapus
    2. Saya juga merasakan apa yang kamu rasakan
      Yang harus kamu lakukan
      Adalah melawan
      Dalam arti kamu tidak seperti apa yang dia rasakan tunjukan kalo km bisa km tidak sombong kamu tidak lemah gunakan emosi kamu dan buat suara dalam hatimu "saya tidak seperti itu berulang ulang di dalam hati

      Hapus
  17. susah di praktekannya... smua di luar kemampuan saya

    BalasHapus
  18. Saya orangnya sebetulnya sangat ceria saat saya SMA. Saya berteman dengan semua orang di sekolah. Namun ketika saya kuliah dan hari pertama saya ospek saya menjadi pendiam karna saya sendirian di jurusan saya dan tidak ada teman yang saya kenal. Saya tidak berani memulai bicara dengan teman baru saya, mengajak berkenalan ataupun lain sebagainya, bahkan muka saya jadi sangat kaku. Saya juga merasa minder dan Merasa diri saya rendah. Saya akhirnya sampai kepikiran dengan diri saya, terlalu do bawa perasaan hingga akhirnya menangis bagaimana cara mengatasinya bu?

    BalasHapus
  19. Saya setelah lulus SMA jd kaku dan beradaptasi agak susah. Minder. Pertanyaan dari dosen saja saya tak berani jawab, padahal tau jawabannya, tapi sulit sekali mulut ini berbicara. Lalu ini saya ingin ikut forum karya ilmiah, tapi saya tidak PD karena takut gak bisa apaa apa. Bagaimana solusinya bu?

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Saya kebalikannya. Minder karena 'tukang ngomong', ceplas ceplos, lama-lama saya menarik diri karena merasa diri ini 'mengganggu' dan nyebelin. Gimana dong...?

    BalasHapus
  22. Tentu sangatlah sulit mengatasi pendiam dan pemalu bagiku, ada beberapa poin yang saya suka, terima kasih postingannya, sangat bermanfaat insya Allah akan kucoba.

    BalasHapus
  23. Kalau saya sudah mencoba berkali2, tapi tidak bisa juga dan saya hampir putus asa. Kemudian saya berali pikiran ingin coba hipnoterapi, tetapi saya takut tidak berhasil lg, apalagi untuk hipnoterapi dibutuhkan uang yg tidak sedikit. Tolong sayaaa.......apa disini ada yang sudah pernah mengikuti hipnoterapi? Bagaimana hasilnya apa ada perubahan?

    BalasHapus
  24. Tolong bantuannya. Terimakasih

    BalasHapus
  25. sudah dicoba, malah membuat salah tingkah, makin di tertawain jdi makin fobia sosial ..

    BalasHapus
  26. Kalo aku mindernya minta ampun kalo di kampung ,,di acar keluarga dan bicara sama cewek, ,tp kalo di jalan atau di tempat kerja saya percaya diri ,,aneh bgt tentang diriku ini ,,bingung sendiri jadinya

    BalasHapus
  27. Ya nomer 2 sehh , aku pernah mengalami waktu orang lagi ngomong aku tatap tu matanya , ehh dianya malah bilang matamu itu ,kalau gk senang bilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,,,kocak abis ane baca comentnya bro,,mending dia lg ngomong kita merem aja bro aman kan :D

      Hapus
  28. Aq sih pendiam tp menghanyutkan orang

    BalasHapus
  29. Segala cara diatas sudah sy praktekkan hampir 1 tahun, tp tidak berhasil, malah sampai skrg sy merasa frustasi, apa yang harus sy lakukan, jika sy begini trus kemungkinan karir saya akan hancur, tolong dong sarannya, please..

    BalasHapus
  30. Susah bgt yah): cara yg efektif buat praktekinnya gmna yah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bissmillahirrahmanirrahim
      Ambil nafas dalam2,keluarkan pelan2,pejamkan mata nah,kalo sudah berarti anda senasib dengan saya :D

      Hapus
  31. Mantap nih ..

    Tentu sgt sulit bagi kita memprakterkanya
    Ketika saat sy msh kcil sy malu & takut beli ke warung yg bkan warung tempat sy biasa jajan itu trjadi ketika saat main ke tempat yg lumayan jauh dr rumah tp rasa malu it bs d atasi dgn brpikir bahwa itu warung jualan agar ad yg beli gk peduli org mana / umur brp dan berfikir bahwa sy org yg d harapkan warung krna sy pembeli ..

    Saat sekarang ketika sy merasa malu beli kebutuhan entah itu ke counter,market,mall,kaki5 dll sy mengingat2 pikiran wkt sy kcil dan brjalan lancar

    Dulu sy sngat malu berbicara kpd org yg gk knal/bru knal aplg kl d ajak kumpul m tmen2 dr tmen diam seribu bahasa . Sampai akhirnya sy coba bicara meskipun susah ibarat ni mulut ky di jait pake tali baja stlah bbrp kata keluar mengikuti obrolan yg sdah ada sy trz berbicara tanpa beban . Karna stlah menjalani hidup sekian tahun sy menyadari kl hal yg paling2 susah it ketika memberanikan diri mencoba pertama kali .jika sj wkt itu sy tdak berusaha berbicara mengikuti obrolan mungkin sampai saat ini sy msh menjadi pemalu kl kumpul m org2 yg gk knal ..

    Tp sekarang tak jarang sy msh tdk byk bicara ketika berhadapan dgn org bru knal/org ngajak ngobrol tp gk knal . Bkn krna tkut/malu tp karna org yg seperti itu terlalu bnyak basa basi & sy gk sk pembicaraan yg basa basi .meskipun basa basi it penting dlm obrolan aplg sbg pembuka obrolan tp ttep aj bkin ksel .. Ad tetangga dtg liat baud plat nomer sy bgus tanya brpaan ? Sy jwab gtw sy d beri temen. dgn niat baik kl mw beli d tempat yg d sana murah2 coz tmen sy suka beli disana .. Dgn muka yg tdak trtarik tetangga sy blg "nyamperin ksni mw ngeblutut" alias minta b*kep .. Pkir sy .sy sperti org bego jwab prtanyaan dia trz nunjukin dmn tempat yg murah tp bkn it maksud dia dtg nymperin . Itu lah slah satu alasan knp sy gk suka basabasi

    Sory curhat :V

    BalasHapus
  32. Tetap Positif ,smoga sy juga bisa menjadi pribadi yang dapat berkomunikasi dgn baik dgn org lain.. trimakasih Buat ilmunya bu ...

    BalasHapus
  33. Kita semua serahkan kpd Allah swt.. jika memohon apa yg kita inginkan kpdNya, maka sesulit apapun sesuatu yg ingin dirubah maka akan menjadi mudah..
    ALLAH MAHA ATAS SEGALA SESUATU

    BalasHapus
  34. Kekuranganku takut salah, ada yang bisa menolong aku ?

    BalasHapus
  35. Kekuranganku takut salah, ada yang bisa menolong aku ?

    BalasHapus
  36. wuih tips bagus nih,terapin lakuin ah

    BalasHapus
  37. Bagus artikelnya. Saya ada artikel senada di http://www.anakadam.com/2016/08/psikologi-percaya-diri/ Terimakasih.

    BalasHapus
  38. Nmere 4 dn 5 yg susah ...gimana caranya ya..

    BalasHapus
  39. Nmere 4 dn 5 yg susah ...gimana caranya ya..

    BalasHapus
  40. Subhanallah sangat bermanfaat. Trimakasih^^

    BalasHapus
  41. Aku ngerti cuma aja setiap ketemu orang yang aku sendiri kurang deket atau merasa orang itu diatas ku,aku malah jadi merasa rendah jadinya g berani awalin percakapan kalau g dia nanya aku... Aku bales abis itu ud jadinya g ngomong apa apa lagi... Gimana y caranya bisa memanfang krang itu sama..?

    BalasHapus
  42. Ternyata gk cuma aku yang pemalu. 😂

    BalasHapus
  43. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di www.forexmart.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    BalasHapus
  44. tatap mata lawan bcara kdang grogi jg. kdang pas ngmong jd guguo mata berkaca2... gmana ya !! kdang mkir yg aneh2

    BalasHapus
  45. Nggak usah komen banyak-banyak, seberapapun usaha yang kalian lakukan untuk merubah sifat pada diri sendiri, akan butuh perjuangan yang sangat sulit, solusinya cuman 1 yaitu hypnoterapi, karna sengan hypnoterapi, anda akan di program ulang sifat, dan karakter yang anda inginkan melalui alam bawah sadar, dan itu berhasil.

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Saya butuh solusi mbak , apa ya yang harus saya lakukan karena saya kadang minder dengan kekurangan yg saya miliki , karena saya mudah sekali berkeringat di muka banyak banget kyk orang abis main bola , pdhl cuma udaranya panas sedikit tpi udah bercucuran .kadang juga ini menghambat interaksi sosial saya alhasil saya jadi mudah grogi takut orang lain membuly saya sama seperti waktu masih duduk di bangku kelas 2 smk , saat itu saya di bully habis habisan setiap hari bahkan di tengah keramaian pun saya sering di permalukan hingga saat ini saya masih kepikiran kejadian itu.. kira kira apa yang harus saya lakukan agar menjadi percaya diri dengan diri saya sendiri ?

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. http://karakterkublog.wordpress.com/2017/11/06/mengapa-saya-jadi-pendiam/


    Coba vuka url itu gan

    BalasHapus
  50. Insya allah dgn berusaha dan ber'doa pasti bisa ! gada yg gamungkin. pasti bisa jika gagal coba lagi !lagi dan lagi ..

    BalasHapus
  51. Bagaimana semua org+aku yg ngomentar dsni kita bikin grup (wa,line,ig,dll)sesama org pemalu,pendiam,atau mantan buly atau merasa punya bnyk kekurangan atau pngn bersosialisasi atau pngn berbubah atau dll...

    BalasHapus
  52. Bagaimana semua org+aku yg ngomentar dsni kita bikin grup (wa,line,ig,dll)sesama org pemalu,pendiam,atau mantan buly atau merasa punya bnyk kekurangan atau pngn bersosialisasi atau pngn berbubah atau dll...

    BalasHapus
  53. No 6, ada yang punya doa nya ?

    BalasHapus
  54. Apakah yang dimaksud alam bawah sadar itu ?

    BalasHapus
  55. Dulu aku gk pemalu tp setelah memasuki smp aku pernah dibuly dan membuat aku jadi gk percaya diri sampai sekarang, kunci nya untuk menghilangkan rasa pemalu adalah support dari orang lain sangat berpengaruh.

    BalasHapus
  56. Terimakasih sangat membantu sekali artikelnya. Kena bgt sama yang saya alami.

    BalasHapus
  57. trnyata bkn saya seorng yg ngalaminnya. andai ada yg sekota dngn ku di pekalongn

    BalasHapus
  58. Aku bisa d bilang insecure bisa d bilang ngk,,,
    Karena aku insecure hanya d sosmed aku gk pd upload kl itu gk sempurna jd hatus sempurna dulu baru aku upload jdbisa setahun tuh cuma 3 foto yg aku upload,,,
    Karena aku tau alesan terbesarnya adalah aku iri melihat mereka yg sempurna,,
    Walau sebenarnya bnyk yg bilang aku sempurna tapi pribadi aku terlalu tertutup bahkan untuk kelurga dan aku sangat tidak peduli hidup orang lain entah kenapa untuk balesin komen di sosmed aku aja suka males

    BalasHapus
  59. Dari dulu saya mau merubah sifat pemalu saya ,tapi tidak bisa minta solusinya.

    BalasHapus