Senin, 10 September 2012

Warna Pakaian Tentukan Suasana Hati


Selalu ingin tampil menarik, ini wajar terjadi pada setiap orang. Penampilan selalu menjadi nomor satu, bahkan sampai dengan detil pemilihan warna pakaian yang akan dikenakan.

Tak jarang, kita kesulitan mencari warna pakaian yang sesuai dengan kulit, make-up, aksesori, atau padanan yang lain. Ternyata warna pakaian pun turut memengaruhi suasana hati. Para ahli terapi pun menggunakan warna pakaian untuk mengatasi gangguan moodseseorang.

"Seseorang akan bereaksi sesuai dengan warna pakaian yang digunakan. Misalnya ketika Anda menggunakan pakaian warna merah, dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. warna pakaian ini tidak hanya memberi pengaruh pada si pemakai, tapi juga orang-orang di sekitarnya," kata direktur eksekutif The Color Association di Amerika Serikat, Leslie Harrington pada Shine.

Penampilan memikat, tidak hanya dilihat dari riasan wajah. Suasana hati pun turut menentukan kesempurnaan penampilan. Salah satu cara paling mudah, adalah dengan menggunakan warna pakaian yang dapat menciptakan mood positif.
Bahkan, pakar psikologi pun menggunakan teori warna sebagai terapi . Mereka meyakini  jika pola reaksi seseorang tercipta berdasarkan tingkatan sosial, budaya, hubungan antar pribadi, dan warna.
"Saat kita menggunakan warna hijau misalnya, warna ini mampu memberikan efek menenangkan jiwa,” papar psikolog dari Universitas Rochester, Elliot Andrew Elliot, Ph.D pada Huffington.
Berikut beberapa pilihan warna, yang dapat membangun suasana hati. Silahkan menggunakannya saat Anda membutuhkan suntikan semangat positif.
Yang mana warna pakaian Anda?


Merah
Warna ini dipercaya dapat menarik perhatian orang. Juga berkaitan dengan hal yang membangkitkan hasrat, cenderung kuat, dan penuh perlawanan. Selain memunculkan kesan dramatis, merah juga dapat membuat Anda lebih bersemangat.

Merah jambu
Biasa dikenal dengan sebutan 
pink,  merupakan salah satu warnayang identik dengan wanita. Merepresentasikan hal alami dan memberi kesan feminin. Warna pink ini dapat memberikan rasa tenang dan meredam emosi dengan baik. 

Jingga
Ingin mengingkatkan rasa percaya diri? Coba kenakan pakaian berwarna jingga. Warna ini cocok digunakan saat Anda akan melakukan presentasi kerja, untuk kesan enerjik.

Kuning
Mengenakan pakaian berwana cerah seperti kuning, dapat merubah suasana hati Anda menjadi lebih bersemangat. Tak hanya itu, warna kuning juga membuat tampak lebih muda dan melambangkan keceriaan.

Hijau
Ini adalah warna yang identik dengan lingkungan. Warna ini juga membuat suasana hati menjadi lebih santai dan memberikan energi positif.

"Sebuah literatur menunjukkan bahwa hijau adalah warna yang mampu menenangkan. Warna ini diasosiasikan dengan perkembangan dan alam," kata psikolog dariUniversitas Rochester, Elliot Andrew Elliot, Ph.D dalam 
Huffington.

Biru
"Secara psikologis, biru adalah kebalikan dari warna merah, yaitu meredam emosi," kata Harrington. Warna favorit Ratu Elisabeth II ini erat dengan langit dan laut, tentunya dapat membuat suasana hati Anda menjadi lebih tenang dan damai. 

Ungu
Mengekspresikan kekuatan dan kreatifitas. Ungu juga merupakan pilihan warna yang tepat, saat Anda menghadiri meeting dengan klien. Selain itu, ungu juga memberi kesan mewah dan elegan.

Cokelat
Warna cokelat merupakan warna yang mampu merubah mood Anda menjadi lebih stabil dalam menghadapi berbagai situasi. Ketika menggunakan warna ini, Anda akan terlihat sebagai orang yang dapat dipercaya, simpel, dapat diandalkan, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Hitam
Ini merupakan warna andalan para wanita. Memberikan kepercayaan diri, sekaligus menyamarkan bentuk tubuh yang kurang sempurna. "Warna pakaian ini memberi kesan formal dan elegan," kata Harrington. Jika Anda menggunakan pakaian berwarna hitam, artinya Anda sedang menciptakan rasa segan bagi orang yang melihatnya. 

Putih
Saat membutuhkan ketenangan, pakaian berwarna putih akan segera mengubah suasana hati menjadi lebih damai. Putih juga identik dengan rasa ingin menyatu dan pribadi yang sederhana.

Disadur dari : VIVAlife

Tidak ada komentar:

Posting Komentar