Selasa, 01 November 2011

Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Hi….semua…yg akan kutulis ini bukan Tips tp sekedar sharing pengalaman aja…secara aku bukan pakarnya….:)
Melihat anak2 kita senang membaca merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kita sebagai orang tua…karena dg membaca katanya sih kita bisa melihat dunia….dan emang bener sih, kita bisa tau dan mengenal semua dg membaca. Buku adalah jendela dunia…yup setuju…
Nah bagaimana supaya anak2 sejak dini sdh amat sangat berminat dg buku? ini yg aku terapin ke anak2ku. Tp perlu digarisbawahi bahwa perkembangan setiap anak itu berbeda shg kita hrs memberikan treatment yg berbeda juga.
Anak mbarepku sejak usia 1.5 thn sdh senang membolak balik buku, majalah, koran atau apa aja yg berupa kertas bergambar ( berwarna ). Karena itu aku beliin dia buku2 cerita bergambar yg murah2 dulu biar kalo dirobek kan ga nyesek…..hehehe.
Ketika dia mulai berumur 2 thn, setiap mau tidur selalu aku bacain buku cerita bergambar td. Awalnya dia belum tertarik, tetapi setelah aku baca dg intonasi yg berbeda di setiap tokohnya, lama2 dia nyimak jg. Bahkan akhirnya kalo aku berhenti membacakan padahal belum selesai ceritanya maka dia akan protes. Dia juga aku ajak ke toko buku utk memilih buku cerita.
Setiap buku yg aku bacakan selalu aku bacakan judulnya jg. Dan ternyata dia menghafal judul setiap buku dan jalan ceritanya karena gambarnya. Nah utk hal ini ada cerita lucu nih….ketika itu dia berumur 2.5 thn…aku ajak dia ke Gramedia. Aku biarkan dia melihat2 buku cerita bergambar, dan aku sendiri jg lagi nyari buku2 buat dia. Setiap dia menemukan buku yg sudah dia miliki mk dia ambil dan ( seolah2 ) membaca judulnya. Knp aku bilang seolah2? krn dia belum bisa baca dan hanya hafal judulnya karena gambar sampulnya….hehehe. Tiba2 aku lihat ada seorang ibu yg menatap dia sambil geleng2 kepala. Ibu itu trs tanya ke aku : ” Ini putrinya ya bu? umur berapa tahun?”. Aku jawab ” Iya bu, baru 2.5 thn”. Ibu itu ” Waduh pinter banget bu…baru 2.5 thn sudah bisa membaca”. Wakss….aku ga bisa ngampet tertawa….hahaha ” Dia blm bisa baca bu, tp dia hafal judul buku2 tersebut krn gambarnya…. kebetulan dia sudah punya bukunya dan sering saya bacain”. Ibu itu akhirnya ikut tertawa juga sambil nyubit pipi anakku…gemes ngkali yah ketipu…hehehe.
Si mbarep ini sudah mulai lancar membaca di usia 3.5 thn….lumayan cepet jg.
Nah..beda dg si ragil….sampe usia 2 thn sama sekali belum tertarik dg buku2 bergambar. Senangnya main dg teman2 sebayanya….sepertinya dia lebih senang bersosialisasi. Baru ketika berumur 3 thn mulailah dia tertarik dg kertas2 bergambar….tp kalo dibacain cerita ga pernah mau nyimak, selalu muter aja di atas tempat tidur…ga mau diam. Emang dah beda ma kakaknya….Setengah tahun kemudian barulah dia mulai nyimak kalo dibacain cerita, tp sekedar tau bagaimana jalan ceritanya dan tidak menghafal judulnya spt kakaknya. Umur 4 thn barulah dia mulai bisa membaca…itupun belum lancar2 amat….yah begitu deh msh suka salah dan kebalik2 susunannya. Setiap kita jalan selalu aku suruh baca tulisan2 di baliho atau papan petunjuk jalan. Kalo disuruh baca buku cerita sendiri selalu males, maunya dibacain.
Nah si ragil ini baru lancar membaca di usia 4.5 thn…..
Sekarang ini dua2nya kutu buku semua….setiap bulan harus ada dana tersendiri buat mereka beli buku….dan buku cerita mereka banyak sekali sampe bingung nyimpennya…tp masih tetap berlaku aturan setiap buku yg akan dibeli harus disortir Bundanya dulu….hehehe
Jadi….intinya adalah….kenalkan anak dg buku sedini mungkin dg cara bacakan mereka buku2 cerita bergambar yg cukup menarik biar anak jd tertarik dan menyimak ceritanya. Ajak mereka ke toko buku untuk memilih buku cerita buat mereka. Tapi jangan paksa mereka utk melakukan hal tsb…sesuaikan dg perkembangan mental dan usianya serta minatnya.
Semoga bermanfaat……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar